Samawa iRadio

Recent Entry

Cari di blog ini

Memuat...
Selasa, 24 Mei 2011

postheadericon LOGO PARIWISATA INDONESIA


Bagi kawan yang hobi jalan-jalan, tentunnya sering melihat logo-logo di bawah, entah itu di brosur, poster, baliho, dll. Atau mungkin baru liat sekarang, kalau begitu selamat melihat. Na sekarang udah tau, tapi makna dari logo-logo tersebut apa ya?. Biar ga penasarang berikut penjelasannya.

Logo diatas merupakan logo Pariwista Indonesia dengan slogan Wonderful Indonesia, menggantikan slogan sebelumnya yang terasa kurang srek yaitu Universe in Diversity,
Konsep Logo diatas adalah:
1.Bentuk Logo akan mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai dasar Negara, tetapi dengan pengolahan yang modern
2. Lima sila digambarkan berupa 5 Garis Warna yang berbeda dan merupakan simbol diversity Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman.
3.Logo diolah menjadi bentuk dan warna yang dinamis sebagai perwujudan dari Dinamika Indonesia yang sedang berkembang.
4.Jenis Huruf dari Logo mengambil dari elemen otentik Indonesia yang disempurnakan dengan sentuhan modern.


Gambar seperti matahati di atas adalah Logo Sapta Pesona yang merupakan Visi pariwisata indonesia. Makna logo Sapta Pesona dilambangkan dengan Matahari yang bersinar sebanyak 7 buah yang terdiri atas unsur Kemanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Tujuan diselenggarakan program Sapta Pesona adalah untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian gambar diatas adalah logo Kementerian Kebudayaan dan Parwisata Republik Indonesia. Adapun makna dari logo tersebut adalah :
Candi merupakan hasil karya budaya nenek moyang yang sudah lama dikenal di Indonesia. Candi ini merupakan stilisasi dari Gapura Bajang Ratu yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur.

Atap candi berjumlah 7 melambangkan Sapta Pesona, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk , ( indah, ramah-tamah, dan kenangan.

Pintu candi menunjukkan lambang senantiasa terbuka bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia sekaligus menggambarkan keterbukaan hati dan keramahtamahan masyarakat Indonesia.

Anak tangga berjumlah 5 melambangkan dasar negara Pancasila sebagai landasan dalam membangun kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia.

Candi dilingkari dengan dunia yang sedang bergerak melambangkan bahwa kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia selalu dinamis mengikuti perkembangan global tetapi tetap menjaga identitas budaya bangsa Indonesia.

Warna ungu melambangkan kekuatan jiwa dalam membangun kebudayaan dan kapariwisataan Indonesia

Na udah tau dan ga penasaran lagi kan, semoga bermanfaat dan terima kasih udah mampir .


(Sumber: www.budpar.go.id)

2 komentar:

D' QUICHEPIE mengatakan...

hai salam kenal

penggunaan lambang burung garuda ini boleh di gunakan oleh semua travel atau tidak ya? apa hanya travel2 yang sudah terbukti benar (udah ada nama ) saja yg bisa menggunakan lambang ini atau travel abal2 ( penipu ) juga bisa menggunakan lambang ini?

Fahry Samalewa mengatakan...

Nah kalau untuk hal yg satu itu saya, belum faham bang. :)
Tapi spertinya, kalau di liat2 bebas2 aja tu bang.

Share It

Traffic

Follower

About Me

Foto Saya
Fahry Samalewa
Lihat profil lengkapku