Home » » BACKPACKER-AN JOGJA-LOMBOK-SUMBAWA

BACKPACKER-AN JOGJA-LOMBOK-SUMBAWA

Written By Fahry Samalewa on Sabtu, 31 Maret 2012 | Sabtu, Maret 31, 2012

Pantai Kerandangan Lombok
Hai kawan-kawan blogger,  sudah lama tak bersua di blog, 1 bulan penuh konsentrasi penuh pada penulisan Skripsi. Sungguh sangat menantang, menguras tenaga dan nyaris di kekang strees gara-gara validitas data. 1 bulan lainnya jalan-jalan kesana kemari tapi tidak pake alamat. hehe :)
 
Baiklah tak perlu berbasa-basi terlalu panjang, kali ini saya ingin posting mengenai Jalan-Jalan murah dari Yogyakarta menuju Pulau Lombok ala Backpacker. Ini pengalaman pribadi saya.
Saat  Hari lebaran menjelang, harga tiket melambung tinggi, harga tinggi tak dapat tiket pula. Sungguh menyebalkan. Maka saya putuskan pulang kampung ala back packer saja, selain karena isi kantong menipis juga karena memang tak dapat tiket Bus Safari Dharma Raya (OBL)  yang pada hari bisa Rp.350.000, menjelang lebaran melonjak menjadi 550.000, waaw,
Pukul 7:30 WIB pagi saya begegas ke stasiun Lempuyangan Yogyakarta dengan diantar seorang rekan saya, itung-itung hemat biaya naik taksi Rp.35.000. hehe
 

Sesampai di Stasiun Lempuyangan, Jogja, sy menemui rekan saya yg lain yg sudah janjian dengan saya sehari sebelumnya untuk mudik bersama, kami menuju loket untuk membeli tiket Kereta Ekonomi, Sri Tanjung, harga tiket Rp.32.000. Saya yang tumben naik kereta bingung melihat tiket yang bertuliskan “TANPA TEMPAT DUDUK”. Dalam hati saya bergumam, ini akan menjadi perjalanan yang sangat menyiksa, karena harus duduk di atas lantai besi sampai Banyuwangi.
Kami memilih gerbong paling belakang, sampai di atas kereta, kami langsung mengambil tempat duduk yang kosong yg sebenarnya untuk 4 orang, dan berdoa semoga tak ada orang duduk di situ.
dan ternyata memang tak ada, mungkin itulah berkah orang yg sedang berpuasa, walau sy tak puasa tapi kawan sy berpuasa, luar biasa.

Kereta pun tancap gas, selama perjalanan benar-benar tak yang duduk di tempat kami duduk, entah ini berkah dari orang yang sedang berpuasa atau buah dari "siapa cepat dia dapat". :).
Kami sampai Banyuwangi sekitar pukul 1 pagi, lumayan lama ya.  Kami turun dari kereta, kemudian menuju pelabuhan Ketapang dengan berjalan kaki, karena jarak Stasiun dan pelabuhan tidak begitu jauh, sekitar 200 meter. Sampai di pelabuhan kami membeli tiket kapal seharga Rp.6000. Dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gili Manuk Bali memakan waktu paling lama 30 menit, tapi kalau ombak besar kira-kira 1 jam.

Sesampai di Bali istirahat sejenak di Mushallah di sekitar pelabuhan, lalu berjalan kaki menuju terminal di dekat pelabuhan, kira-kira 100 meter dari pelabuhan. Tanpa pikir panjang karena sudah sangat ngantuk kami segera naik bus. 24 jam selalu ada bus kecil di dalam terminal yg siap mengantar menuju Pelabuhan Padang Bay tarifnya murah cuma Rp.20.000. Dari Pelabuhan Gili Manuk menuju Pelabuhan Padang Bay memakan waktu kira-kira 7 Jam karena bus nya sering berhenti utuk mengangkut penumpang yg lain.
Pelabuhan Padang Bay, Bali
Pemandangan di sekitar Pelabuhan Lembar, Lombok

Setelah tiba di Pelabuhan Padang Bay, kami segera menuju loket membeli tiket kapal menuju Pelabuhan Lembar Lombok. tarifnya Rp.36.000. Penyebrangan menuju Lembar memakan waktu kira-kira 5 jam cuaca normal, dan sekitar 6-7 jam kalau cuaca kurang bersahabat.


Sesampai di pelabuhan lembar kami mengambil cara irit ongkos dengan meminta teman yang ada di Mataram untuk menjemput, karena waktu tempuh Kota Mataram ke  pelabuhan Lembar cuma 15 menit, lumayan dekat bukan. :). Karena tarif kendaraan umum di sekitar pelabuhan Lembar cukup mahal. Dari pelabuhan lembar menuju Terminal Bertai Rp.20.000, padahal dekat. Belum lagi ongkos dari teminal menuju tempat kami akan menginap yg cukup jauh dari terminal, jadi ambil cara irit dan cepat saja. Maka buat kawan yg hendak bacpacker-an ke Lombok, kalau sampai di pelabuhan Lembar ada baiknya minta jemputan dari teman yg ada di Lombok. 



Setelah puas menikmati keindahan alam Pulau Lombok, kami melanjutkan perjalan menuju pulau yg yak kalah indah dan eksotik yang terkenal dengan Kuda dan Madunya, yaitu Pulau Sumbawa, pulang kampung. hehe.. Untuk menuju Pulau Sumbawa ada berbagai alternatif;



Pelabuhan Poto Tano Sumbawa
(1) Naik Angkel (Bus Kecil dalam bahasa Sasak, lombok) yang bertebaran di sekitar teminal Bertais Lombok, menuju Pelabuhan Kahyangan Lombok Timur, tarif  Rp.25.000, lalu tiket kapal menuju pelabuhan Poto Tano Sumbawa seharga Rp.18.000, Lalu naik bus lagi di sekitar Pelabuhan Poto Tano menuju Terminal Sumber Payung Kabupaten Sumbawa seharga sekitar Rp.25.000. 


(2) Naik Bus langsung (Bus Besar) menuju Sumbawa dari Terminal Bertais Lombok, tarif, Rp.100.000

(3) Nah yg ketiga, dan sy sarankan menggunakan alternatif yg ini, yaitu naik Bus Damri tujuan Sumbawa, Tarif Rp.60.000. 



 Untuk menuju pulau Sumbawa sy memilih naik Bus Damri, karena lebih murah dan lebih cepat. Pejalanan menuju Pulau Sumbawa memakan waktu 6-7 jam, dengan rincian, dari Teminal Bertais menuju Pelabuhan Kahyangan sekitar 2 jam, jarak tempuh 70km. Kemudian penyebarangan dari Pelabuhan Kahyangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung cuaca, dan dari Poto Tano menuju terminal Sumber Payung Sumbawa sekitar 2 jam.
Nah itulah sedikit kisah perjalan sy menuju 2 pulau nan eksotik, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.



Nah sekarang sy mau rincikan biaya perjalanannya;
-  Ongkos kereta = Rp.32.000
- Tiket penyebrangan Jawa-Bali = Rp.6.000
-  Ongkos Bus Gili Manuk-Padang Bay = Rp.20.000
- Tiket penyebrangan Bali-Lombok= Rp.36.000
-Ongkos Bus Damri Menuju Pulau Sumbawa =Rp.60.000
Jadi total biaya perjalanan menuju pulau Lombok adalah Rp. 94.000. kemudian ditambah dengan Biaya perjalan menuju Pulau Sumabawa, Rp. 60.000. Jadi total biaya perjalanan secara keseluruhan adalah  Rp.154.000. Sangat murah bukan kawan-kawan.


Sekian cerita singkat perjalanan sy,  Semoga Bermanfaat. Terima kasih udah mampir di blog sy.
"MARI BERWISATA DI NEGERI SENDIRI"

42 komentar:

  1. :O murah yahh?
    tmpat wisatanya apa aja bro?

    BalasHapus
  2. Murah banget kan dibanding naik pesawat atau naik Bus Langsung,, tapi ya itu, CAAPEEEK.. hehe

    Nak kalau tempat wisata di Lombok, sebagaian besar Pantai, yang paling tekenal Pantai Senggigi dan Gili Trawangan, selain itu ada Pantai Kuta Lombok,
    Dusun Sade.
    Selain wisata alam juga ada Atraksi budaya, misalnya, Gendang Beleq, bau Nyale, Dll..

    nah kalau di sumbawa yg paling terkenal yaitu Pulau Moyo.. di postingan sy sebelumnya juga pernah membahas tentang Pulau moyo.. hehe..

    Thanks dah mampir :)

    BalasHapus
  3. Wah recomended nih...kapan2 ane coba deh...
    Gan, kunjungi & follow juga blog ku dong --> LA MBARI corp.

    BalasHapus
  4. Okay gan tar Follow, ni Modem AHA, lemot sangat, kapan2 maen ke lombok dan sumbawa ya,
    Thanks dah mampir.

    BalasHapus
  5. Bro, kira-kira butuh berapa hari buat menikmati suasana Lombok?
    Thanks.

    BalasHapus
  6. Sorry Gan, baru sempat masuk Blog Lagi.. :)
    Untuk Menikmati Suasana Lombok. kalau pengen benar2 puas, 1 Minggu aja gan,
    Yang Paling sering di kunjungi:
    1. Gili Trawangan.
    2. Pantai Senggigi
    3. Pantai Kuta Lombok
    4. Dusun Sade
    5. kalau pengen yg rada menantang,
    Gunung Rinjani gan, Sueerr Keren Banget,
    mengenai Gunung Rinjani ada di Postingan ane
    yg sebelumnya..
    6. Masih banyak yg keren2 lainya, sperti adat
    istidiat disana, kecimol, gendang beleq, dll.

    Thanks dah mampir gan, kalau kalau telat tanggap.. :)

    BalasHapus
  7. kaka asli lombok?
    boleh minta cp ka? kirim via email aja
    rezqi_f@yahoo.com
    rencana mau backpacker ksna akhir agustus

    BalasHapus
  8. nice...
    kalau ke Nusa Tenggara Barat, Sumbawa Barat, Kec. Jereweh. nambah berapa Gan??mau ke sana ne..thanks

    BalasHapus
  9. mohon infonya ya, terminal sumber payung itu posisi di sumbawa sebelah mana? kalau mau ke dompu/ terminal ginte atau ke bima masih jauh ga dari sumber payung?
    saya berencana naik tambora, tapi melalui jalan darat dari mataram. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Maaf kawan2, telat balas komen.. hehe
    untuk EndahBanged:
    Terminal Sumber payung tereletak di Sebelah barat Kota Sumbawa, kira2 2km dari pelabuhan Badas,bus dari matatam pasti masuk terminal ini.
    kalau saran saya,untuk perjalanan dari mataram-dompu, naik bus langsung dari terminal Bertais Mataram tujuan Dompu/Bima, misalnya Bus Surya Kencana, dll, biar lebih ekonomis dan hemat waktu. Thanks udah mampir.

    BalasHapus
  11. Untuk bro Satria:
    dari Bali ke Sumbawa tentunya agan ke Mataram dulu, nah di terminal Bertais Mataram, naik Bus Lansung tujuan Bima (kira2 150-200rb), jangan estapet,karena bus-bus kecil tujuan pelabuhan Kahyangan sering nakal gan,pengalaman ana seperti itu, dan makan waktu lama, terutama Saat sampai sumbawa, agan mesti cari lagi bus tujuan Bima, jadi lebih baik yg langsung dari mataram aja hehe..
    Nah setelah sampe bima, Agan ke pelabuhan sape, nyebrang ke sononya (Sumba) ane belum pernah gan, jadi kurang faham, kalau menurut teman ana yg orang sono, 12 jam penyebrangan, thanks dah mampir. :)

    BalasHapus
  12. kalau menuurut ana naik Surya Kencana aja gan, lumayan kinclong busnya, ada sih bus2 lainnya, hati2 aja gan biasa lah di terminal banyak calo, kalo ada yg minta angkat2 barang agan, seperti dus atau tas, jangan mau gan.
    Bertais dan Mandalika itu sama gan, cuma di sono lebih familiar dengan sebutan Bertais, tempat terminal Mandalika itu berada. hehe
    kapan kesananya gan? ada teman ana di sana.

    BalasHapus
  13. Thanks Bro. semoga bisa pulang kampung lagi.. hehe

    BalasHapus
  14. bro bisa minta bantuannya gak?
    ane rencananya mau ke sumbaawa dari jogja pas bulan ramadhan ini, nah ane kan blm pernah kesana sama sekali jd mohon bimbingannya.
    ini email ane mj_godam@yahoo.co.id
    bisa kirim cp ato add ym jd bisa ngbrol lbh lnjut
    gimana bro?
    maaksih sebelumnya ya

    BalasHapus
  15. Fahry kalau aku naik bis dr ubung apa nanti bisnya ke terminal bertais atau ke sweta ?

    BalasHapus
  16. ada saran tidak untuk saya penginapan yang di rekomendasikan yang penting bersih dan aman di Mataram, Senggigi. Gili Trawangan dan Kute Lombok? apakah cukup mengunjungi Lombok 6H/5M?

    BalasHapus
  17. dari pelabuhan sumbawa ke pulau moyo biaya brapa? naik apaan ya, yang murah.. kira2 berapa jam ?

    BalasHapus
  18. Komplit... ayo rame2 ke Lombok - Sumbawa :)

    BalasHapus
  19. wahhh ... beneran gak nih biayanya segituu
    jadi pengennn

    BalasHapus
  20. Tika: Serius kawan, yang diatas pun itu harga Menjelang lebaran. dihari selain itu pasti lebih murah. misal tiket, kapal, kalau menjelang lebaran harganya RP.36.000, kalau hari biasa paling Rp.30.000

    BalasHapus
  21. thanks infonya. oia mau nanya dikit nih,,, hehe kalo dari sumbawa ke bima biaya nya brapaan ?
    gan, tau kapal pelni atau kapal apa aja yang melayani rute lombok-makassar ga ?
    makasih

    BalasHapus
  22. Thanks dah mampir Gan.
    kalau Sumbawa Bima kira2 50rb naik bus Gan.
    nah kalau kapal pelni yg sering tak liat mampir di lombok itu namanya TILONG KABILA gan, spertinya rutenya lewat makasar juga, atau agan cari info di kantor pelni terdekat, bisanya ada di pajang nama2 kapal beseerta jurusannya.. :)

    BalasHapus
  23. Permisi.. numpang tanya :)
    Kalau dari Bali ke Pulau Moyo mungkin naik sepeda motor nggak? Bisa minta jalurnya? Yang saya tau Padangbai - Lembar - Sweta. Bener nggak? Mohon bantuannya ya. Makasih :)

    BalasHapus
  24. misi bro, wah sungguh informasi perjalanan wisata yang sangat menarik... thanks banget udah share, oiya, ane rencana mau backpackerann ke lombok nih (gili island), boleh minta info untuk transportasi dari pelabuhan lembar ke sono nya? kan gili di utara pulau lombok kan ya? dai mataram juga masih jauh kayaknya..... thank you :D

    BalasHapus
  25. infonya keren!!
    saya mau tanya ne, saya punya tiket pesawat dari bali ke bima, tujuan saya Hu'u, dompu. nah, dari bandara bima ke sana bisa naik bus? dan naiknya dimana? apakah ada di bandara langsung? juga biayanya berapa?
    mohon bantuan informasinya #bingung :(

    BalasHapus
  26. kunjungi tambora juga dong heheheh

    BalasHapus
  27. Mas mau tanya klo dri bali ke sumbawa besar.. baeknya naek bis yg lngsung ke sumbwa ato gmn?

    BalasHapus
  28. mau tanya kalo daerah utan sumbawa barat itu perjalanan dari pelabuhan kira-kira berapa jam,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2jam an (bntu jawab)

      #sy sering k sumbawa,ayah sy asli sana

      Hapus
  29. wah banyak yg memperbincangkan lombok yah.... aku asli orang lombok barat, tambahin, org Batu Layar Senggigi, wkwkwk

    BalasHapus
  30. kapan-kapan ingin jalan-jalan...:)
    visit http://jual-mutiara.com/

    BalasHapus
  31. bang Deny asli lombok ? Kalo dekat2 ini sy mau kesana, cuacanya bagaimana ? thanks.

    BalasHapus
  32. wah keknya asik neh kalau dicoba. Thanks infonya :D *walaupun rada telat bacanya heheheu

    BalasHapus
  33. Yang mungkin agak rempong adalah perjalanan pulang dari P. Sumbawa terutama kalo uda nyebrang ke Pelabuhan Kayangan...susah nyari kendaraan umum menuju ke Terminal Mandalika Mataram...apalage kalo nyampe pelabuhan Kayangan uda sore...beuh...
    Alternatifna adalah menumpang bus dari Bima, Dompu, Sumbawa ato Taliwang yg biasana ikut nyebrang menuju ke Terminal Mandalika Mataram..kalo beruntung biasana masih ada tempat duduk minimal mah kursi tempel...yaahh itung2 nemenin sopir busna ngobrol lha sekitar 2 jam kurang hehehe...tapi biasana seh beruntung wae geto..so jgn jd ya pertama gag beruntung ya Guys...hehehehehe...tapi ya namanya juga backpacker ya..bukan cuma nyari biaya jalan2 yang murah meriah...tapi berdebar2 menunggu kendaraan yang bisa dibuat numpang menuju trip selanjutna biar tetep sesuai itinerary juga assseeekkk looohhh...hehehe...selamat mencoba Guys..

    BalasHapus
  34. Boleh dicoba berpetualangan seperti ini. :)

    BalasHapus
  35. Kalian pengen jalan-jalan dgn harga hemat??
    Buget pelajar fasilitas lengkap itulah moto kami untuk memberikan perjalanan yang berkesan dan nyaman.
    Jadikan liburan kalian berkesan bersama kami.

    Kami melayani paket wisata :
    1. Malang - Batu
    2. Yogyakarta - Gunung Kidul
    3. Banyuwangi
    4. Bali
    5. Ziarah wali
    6. Study Tour & Outbound
    7. Dll sesuai permintaan

    Ada promo menarik, bagi yang merefrensikan kami untuk menjadi agen perjalanan kalian dapatkan "CASHBACK".
    Untuk harga bisa di nego kok, jadi jangan takut harga mahal kami akan sesuaikan dengan buget kalian.

    || Melayani pembelian Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api, Sewa ELF, Bus, Mobil area Sidoarjo, Surabaya, Bali, Open Trip, Tour Instansi & Keluarga ||

    More info:
    Halo Indonesia Tour & Travel
    Call/Line/WA/SMS : 085730077308
    Pin BB 7ECC7D00
    Instagram : halo_indonesia
    Fb : Halo IndoTravel
    www.halo-indonesia.com
    mau lihat history tour kami bisa langsung folow Instagram kami yah

    BalasHapus
  36. maaf kak tahun 2017 ini tarif transport naik ga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah melonjak naik
      kreta jogja-banyuwangi =95k
      kapal ketapan-gilimanuk =15k
      bus gilimanuk-padangbay =60k
      kapal padangbay-lembar =50k
      angkot lembar-mandalika =15k
      bus mandalika-sumbawa =120k

      Hapus
  37. ada info transportasi murah dari lembar ke sumbawa?
    atau dari lembar ke lombok timur, dan lombok timur ke sumbawa?

    BalasHapus
  38. gan info dunt dark bandara bima ke sumbawa besar transportnya apa ya? thanks

    BalasHapus
  39. Kalo dari Jogja ke Sumbawa ada ada cara yg lebih praktis ga bro maksudnya tanpa harus naik turun kendaraan....tapi bukan naik pesawat tentunya...
    Gi ada rencana ke Sumbawa nih,,tapi dana minim ..

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman