Home » » Walking-Walking Ke Pulau Moyo

Walking-Walking Ke Pulau Moyo

Written By Fahry Samalewa on Senin, 23 Agustus 2010 | Senin, Agustus 23, 2010

Pulau Moyo, mungkin masih banyak yang asing mendengar nama tersebut, atau mungkin tak pernah mendengar sama sekali. 
Biar ga asing dan penasaran, mari kita ulas sedikit tentang pulau indah ciptaan Tuhan ini.
Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 330 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km.  
Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Meskipun kecil, pulau yang sepi namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa ini, berhasil memikat beberapa orang “besar” sekaliber Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata ketenangan. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya yang masih alami, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut. Maka tidak mengherankan jika banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang berwisata ke pulau yang eksotis dan tenang tersebut.

Apa sih yang unik dari pulau ini, sampe Mick Jagger bela-belain datang ke situ?

Pulau ini terbilang masih alami, ratusan kupu-kupu hidup tentram di balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami, Kita tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu agar tidak tersesat.

Saat berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis, yang dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini merupakan tempat bersarang ratusan kelelawar. Aktivitas lain yang bisa Kita lakukan adalah trakcing selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau. Di samping itu, Air terjun berundak Mata Jitu yang berada di taman burung Pulau Moyo juga menjadi daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat kita jumpai aneka macam burung.
Pulau Moyo juga merupakan surga bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Kita temukan di sini. Di antaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong (Megapodius Reinwardt) . Burung Gosong ini sungguh unik karena mengkitalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Selain itu, apa lagi uniknya??

Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini adalah keindahan alam bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat Kita nikmati dengan snorkling maupun diving. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Kita juga bisa menyaksikan Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Semua pemandangan di depan mata akan membuat siapapun yang melihatnya takjub. Cantik dan indah! Kita juga bisa diving di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Pemandangan bawah laut di tempat ini tak kalah indahnya. Kita bisa menghubungi Laguna Biru Resort yang berada di pinggiran kota Sumbawa Besar. Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan kapal pesiar biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Terus, Nginap Diamana ya??

Bermalam di Pulau Moyo bukanlah perkara yang sulit. Resort satu-satunya yang ada di Pulau Moyo dikelola pihak ketiga yang mengelola Pulau Moyo. Resort ini menggunakan tenda yang jumlahnya mencapai 20 buah. Namun, tak perlu khawatir, meski hanya terbuat dari tenda, tapi segala kemewahan layaknya sebuah resort tetap dimiliki tempat ini. Kita tentu dapat menikmati kenyamanan dan ketenangan bermalam di Amanwana Resort. Kita juga bisa menikmati fasilitas di resort yang berlokasi di Dusun Gedal, Pulau Moyo ini, seperti internet, dokter 24 jam, perpustakaan, makan pagi dan masih banyak lagi, dan jangan lewatkan paket jungle tracking, diving, dan snorkling. Sayangnya, karena jauh dari jangkauan wisatawan domestik, promosi tentang pulau Moyo masih sangat sedikit. Untuk berlibur ke tempat ini, dibutuhkan ketersediaan waktu dan dana yang cukup lumayan.

Naah, makin penasaran kan??.. biar ga penasaran, datangin ja pulau nya dan saksikan sendiri keindahannya, Tapi nabung dulu ya.. hehe..
Thanks, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. : )

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman